Pastikan Masuk dengan Login

Usahakan siapapun yang masuk ke YouTube dari PC atau gadget Anda sudah langsung login menggunakan suatu akun yang Anda miliki. Bisa akun pribadi sendiri atau akun khusus yang dibuat untuk keperluan anak-anak menonton di YouTube.

Mengapa demikian?
  • Karena seluruh tontonan bisa dilacak riwayatnya. Anda harus usahakan selalu memantau riwayat tayangan dan mengambil tindakan (nasihat, peringatan, dll) jika mendapati tayangan yang diluar ke-normal-an.
  • Karena jika anak kita menonton tayangan yang selalu baik dan bermanfaat melalui akun tersebut, maka YouTube secara otomatis dan terus-menerus memberikan rekomendasi tayangan yang sejenis di akun tersebut.
  • Sebagai dasar Anda untuk memberi peringatan sejak awal kepada anak bahwa semua aktivitasnya di YouTube dapat terpantau (apa saja yang ditonton, kapan ditonton, dll).
  • Langganan (subscribe) diarahkan ke saluran (channel) yang Anda anggap baik. Anda bisa langgankan sendiri atau dorong anak untuk melanggan saluran yang baik. Ini akan mendorong rekomendasi tayangan menjadi lebih tajam dan terarah.
PERHATIAN: Hati-hati jika anak login ke YouTube menggunakan akun Anda atau orang dewasa lain karena apa yang ditonton dan dilanggan akan menimbulkan rekomendasi yang tidak pantas untuk anak. Saran kami adalah buatkan akun tersendiri untuk keperluan YouTube anak (dengan mencantumkan umur dibawah 15 tahun agar aman). Memang agak ribet karena harus login/logout sebelum dipakai anak, namun percayalah bahwa cara itu akan sangat bermanfaat.
Bantuan cara membuat akun di Google dan YouTube
Baca aturan batas umur untuk membuat akun Google

No comments:

Post a Comment